Puasa Lebaran Haji 2021

Puasa Lebaran Haji 2021

Puasa Lebaran Haji 2021 – Puasa Lebaran Haji atau yang juga dikenal dengan sebutan puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum hari raya Idul Adha. Puasa ini sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Tahun 2021, puasa Arafah jatuh pada tanggal 19 Juli. Bagi umat Muslim yang melaksanakan puasa Arafah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa tersebut berjalan lancar dan bermanfaat.

Pertama, persiapkan diri secara fisik dan mental. Puasa Arafah hanya dilaksanakan sehari, namun tetap membutuhkan persiapan agar tubuh tidak kaget ketika melakukan puasa. Sebelum puasa, pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan cukup istirahat. Selain itu, persiapkan juga mental agar tetap kuat dan tidak mengeluh selama menjalankan ibadah puasa.

Kedua, perbanyak ibadah selama puasa Arafah. Selain puasa, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik, seperti shalat sunnah, dzikir, dan membaca Al-Qur’an. Hal ini akan membantu meningkatkan pahala dan manfaat dari puasa Arafah.

Ketiga, jangan lupa berdoa. Puasa Arafah adalah salah satu waktu yang dikenal sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa. Selain memperbanyak ibadah, jangan lupa untuk berdoa memohon ampunan dan berkah dari Allah SWT.

Keempat, jangan lupa untuk berbuka puasa dengan makanan yang sehat dan bergizi. Pilihlah makanan yang tidak terlalu berat dan mengandung gizi yang cukup agar tubuh tidak kekurangan nutrisi.

Kelima, jangan lupa untuk menyembelih hewan qurban pada hari raya Idul Adha. Hewan qurban ini bisa disumbangkan kepada orang yang membutuhkan, seperti kaum fakir miskin dan anak yatim.

Puasa Arafah juga bisa menjadi pengingat bagi kita bahwa kita semua adalah hamba Allah SWT yang sama, dan bahwa kita semua memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan mendapatkan pahala dari-Nya. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan waktu puasa Arafah dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Puasa Lebaran Haji 2021 adalah salah satu momen penting dalam agama Islam. Puasa ini dilakukan oleh umat Muslim pada tanggal 9 hingga 13 Dzulhijjah sebagai bagian dari rangkaian ibadah haji. Selain itu, puasa ini juga dilakukan oleh umat Muslim yang tidak sedang melakukan ibadah haji sebagai wujud rasa syukur dan menghormati ibadah haji.

Puasa Lebaran Haji memiliki beberapa perbedaan dengan puasa Ramadan. Pertama, puasa Lebaran Haji dilakukan selama 5 hari berturut-turut, sedangkan puasa Ramadan dilakukan selama satu bulan penuh. Kedua, pada puasa Lebaran Haji, puasa dilakukan dari tanggal 9 hingga 13 Dzulhijjah tanpa ada pengecualian seperti pada puasa Ramadan yang bisa diakhiri dengan membayar fidyah jika seseorang tidak mampu berpuasa.

Puasa Lebaran Haji memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat Muslim. Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, puasa ini juga dapat meningkatkan rasa taqwa, sabar, dan keteguhan hati. Selain itu, puasa Lebaran Haji juga dapat membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan kesehatan karena tubuh diberikan waktu untuk beristirahat dan tidak terbebani dengan proses pencernaan.

Bagi umat Muslim yang akan menjalankan puasa Lebaran Haji, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk menjalankan puasa dengan lancar dan aman. Pertama, persiapkan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sebelum puasa dimulai. Kedua, hindari terlalu banyak melakukan aktivitas fisik selama puasa agar tubuh tidak terlalu lelah dan dehidrasi. Ketiga, perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur untuk menghindari dehidrasi dan mempercepat proses detoksifikasi tubuh.

Puasa Lebaran Haji juga memiliki beberapa doa yang bisa dibaca selama menjalankan puasa. Salah satunya adalah doa saat berbuka puasa yang biasanya dibaca dengan membaca tasbih, tahlil, dan tahmid. Doa tersebut adalah “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ala rizqika aftartu” yang artinya “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, pada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa.”

Puasa Lebaran Haji juga menjadi momen yang tepat untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Biasanya pada hari pertama puasa, umat Muslim akan mengunjungi makam keluarga untuk mendoakan orang yang telah meninggal. Selain itu, umat Muslim juga dapat melakukan berbagai kegiatan sosial seperti berbagi makanan dengan sesama yang membutuhkan.

Kunjungi Juga :
Name Tag Bali
Plakat Bali
Percetakan di Bali

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *