Atap Rumah Honai Terbuat Dari

Atap Rumah Honai Terbuat Dari

Atap Rumah Honai Terbuat Dari – Rumah tradisionil huni Wamena adalah peningkatan mode klaster pembangunan dari rumah Honai yang mempunyai tujuan untuk mengaktualkan prototip rancang bangun mode klaster dengan rencana tata fisik bangunan serta atur ruangan yang mencakup bermacam hal yakni besaran, kepentingan, perputaran, tata letak, dan prasyarat area, perolehan, susunan serta material, utilitas dan bentuk tata lingkungan perumahan penduduk yang sehat dan berdasar rujukan nilai-nilai kearifan lokal Papua.

Honai yaitu rumah unik papua berupa bundar yang dibikin dari kayu dengan atap bersifat kerucut yang dibikin dari jerami atau ilalang. Honai menyengaja dibikin sempit atau kecil dan tidak berjendela yang mempunyai tujuan buat meredam udara dingin pegunungan papua. Honai biasa dibuat dengan tinggi 2,5 mtr. serta di sisi tengah rumah dipersiapkan tempat untuk membikin api unggun buat menghangatkan diri, rumah honai terdiri dari tiga jenis, ialah untuk golongan lelaki (dikatakan Honai), wanita (disebutkan Ebay) serta kandang babi (disebutkan Wamai).

Dasar dari peningkatan produk ini merupakan belum tercukupinya keperluan akan mutu rumah, mencakup kualitas kesehatan bangunan serta lingkungan, kualitas ruangan dengan keperluan bakal kenyamanan serta kesehatan ruangan, kapabilitas bangunan (semisalnya dari gempa atau musibah lain) bahan bangunan yang siap (mudah dan murah dicapai)
Keunggulan

– Dasar penyangga rumah dibikin dari tiang balok kayu sage yang ditancapkan ke dalam tanah maka bisa membela kekakuan susunan dan miliki elastisitas buat bergerak bersama gempa.
– Dinding gunakanbahan papan maka bisa terima getaran gempa dengan baik sekali, dan bisa mempernyerap temperatur dan menetralisir temperatur udara dingin dan panas.
– Konstruksi rumah tradisionil papua mengetahui prosedur ikatan dengan sistem ikat dengan gunakan tali dari akar hingga ringkas dan lumayan kuat.

Kekurangan

– Longsoran tanah didaerah pegunungan tidak bisa ditahan maka fondasi ringan terkikis dan runtuh mengikut longsor.
– Tersedianya ketidakcocokan temperatur bikin ketahanan pembawaan kayu simpel berkurang dan memuai maka dari itu mengundang celah- sela di dinding, mengakibatkan udara dingin bisa masuk di bangunan
– Ketahanan tali yang udah kedaluwarsa memiliki sifat getas hingga bisa meretaskan kebolehan bahan susunan yang sama sama kait mengait

Pengaplikasian

Hasil produk ini sudah direplikasikan oleh institusi di tempat dan bekerja bersama-sama dengan warga umum, di antaranya oleh Dinas Pemukiman, Dinas Pariwisata dan Dinas berkaitan yang lain yang mendapatkan tanggapan yang cukup bagus dari warga hingga faksi berkaitan memberi saran biar diselenggarakan publikasi supaya pengetahuan akan honai sehat bisa dimengerti oleh penduduk
Persyaratan model

Syarat-syarat model mengaplikasikan standarisasi area gerak, susunan,bahan baku, ketahanan bangunan kepada gempa dan skema skema kesehatan manusia.

Riset style klaster di Daerah Tangma Kab. Yahukimo PAPUA

1. Topography

Keadaan Situasi topography Kabupaten Yahukimo begitu bervariatif dimulai dengan daratan rendah dengan lereng yang miring s/d wilayah berbukit dengan kemiringan yang curam. Sementara itu ketinggiannya berada pada 100 – 3.000 mtr. di atas laut.

2. Susunan dan konstruksi, Rincian :

– Susunan kerangka kayu
– Penutup dinding papan
– Landasan umpak beton
– Lantai papan kayu serut
– Kerangka atap kayu bua
– Penutup atap alang – alang

3. Sains Bangunan

Peningkatan pembangunan style klaster di kampung tangma dikerjakan dengan transisi dimensi area sama sesuai standard ruangan gerak, tehnik pemrosesan bahan dan material bangunan, dan pemrosesan perolehan kesehatan dalam bangunan.

4. Skema dan tata lingkungan

Rancangan dicetak seasri barangkali dengan memakai tanaman di halaman rumah serta penghalang jalan diperlengkapi pengadaan sarana MCK.
Cost investasi dan Perawatan

Cost investasi lumayan mahal namun untuk bahan tak sukar didapatkan, transportasi pengantaran bahan baku pun lumayan dekat disebabkan wilayah pembangunan ada dipegunungan, buat perawatan lumayan gampang namun demikian susunan yang gunakan bahan kayu penting bahan anti rayap, kerangka alang-alang kira-kira 6 bulan telah dapat ditukar namun bisa bertahan sampai 3 tahun.

 

Informasi lainnya dari “Atap Rumah Honai Terbuat Dari” bisa anda temukan dengan Kunjungi Kami Disini

Tinggalkan Balasan