Atap Rumah Honai Berbentuk Kubah Atap Tersebut Terbuat dari Susunan

atap rumah honai berbentuk kubah atap tersebut terbuat dari susunan

Atap Rumah Honai Berbentuk Kubah Atap Tersebut Terbuat dari Susunan – Keanekaragaman suku yang dipunyai Indonesia membuat negara ini demikian kaya. Etika istiadat, bahasa, makanan, sampai rumah kebiasaan di pelosok negeri benar-benar unik untuk diselami. Satu diantara yang mengundang ingin tahu yakni rumah etika honai yang dari Papua.

Apa kamu udah akrab dengan rumah rutinitas punya saudara-saudara kita yang tinggal di wilayah sangat timur Indonesia ini.

Kita kaji sedikit dahulu yok masalah susunan serta wujud dari rumah kebiasaan mempunyai Suku Dani ini.
Sama dengan biasanya rumah kebiasaan yang lain di Indonesia, susunan honai dibuat bermaterial kayu. Di lain sisi, ada keunikan rumah kebiasaan Papua ini yang membandingkannya dengan yan glain. Dinding rumah tradisi Papua ini dibentuk membulat serta mempunyai ukuran kecil. Rupanya ini punya tujuan buat menangkal udara dingin yang menyerang. Tidak aneh, masalahnya beberapa rumah orang Dani ini berada dalam sebuah lembah area Kabupaten Jayawijaya, Papua Barat, namanya Lembah Baliem.

Berganti ke sisi atap rumah.
Rumah honai bersifat kubah atap itu dibuat dari skema ilalang kering atau jerami.
Ada juga rumah honai yang nampak miliki atap seperti kerucut. Atap ini dibikin tidaklah terlalu tinggi lantaran balik memiliki tujuan buat menghangatkan sisi di dalam rumah. Tidak ada piranti dalam honai, cuman alas tidur cukup hangat dan perapian yang dibentuk tepat di sisi tengah rumah. Alokasi dari bangunan tempat tinggal ini hanya untuk tidur. Saat itu kegiatan lain seperti makan, simpan makanan, serta yang lain dikerjakan di bangunan tidak sama.

Biasanya, satu rumah tradisi ditempati oleh lima sampai sepuluh orang. Di lain bagian, ada juga bangunan yang lain yang dipakai sebagai kandang terunggul babi namanya wamai. Pssst.. nyatanya di tengah honai, ebe’ai, dan bangunan yang lain di kampung, ada sebuah bangunan yang menjadi tempat untuk menyimpan mumi kakek moyang Suku Dani.

Beberapa orang yang bertandang ke Lembah Baliem saat diadakannya Festivel Lembah Baliem bisa pula lihat mumi yang sudah berumur beberapa ratus tahun itu.

1. Selainnya Honai Ada Ebe’ai
Honai nyatanya sebagai panggilan buat rumah rutinitas yang didiami oleh pria-pria dewasa Suku Dani. Dalam pada itu, rumah kebiasaan untuk wanita mempunyai istilah yang lain kembali yakni, ebe’ai. Kebanyakan, satu rumah etika ditempati oleh lima sampai sepuluh orang. Di lain bidang, ada bangunan yang lain yang dipakai menjadi kandang terbaik babi yang memiliki nama wamai.

Pssst.. nyatanya di tengah honai, ebe’ai, dan bangunan yang lain di kampung, ada suatu bangunan yang menjadi tempat untuk menyimpan mumi kakek moyang Suku Dani.

2. Wanita Tidak Bisa Masuk Honai
Honai rupanya terlarang untuk dimasuki oleh wanita suku Dani. Walau wanita itu adalah istri dari satu diantara pria penghuni honai, dia masih tetap tidak boleh masuk. Cuman suami serta anak laki laki dewasa saja yang dikenankan masuk rumah kebiasaan Papua ini. Bagaimana bila pria dan wanita yang sudah menikah pengen terjalin suami istri? Rupanya mereka cuma diizinkan mengerjakannya di ebe’ai di saat tidak ada sesiapa didalamnya.

Tidak sekedar menjadi tempat tidur wanita Dani, ebe’ai ditujukan sebagai tempat mendidik anak-anak wanita.

3. Tidak Bisa Asal-asalan Membuat Honai
Rumah etika Papua punya Suku Dani ini cuman bisa dibikin oleh lelaki saja. Di lain bagian, waktu pembangunan juga diputuskan secara rinci dan harus dituruti. Perihal ini kabarnya dilaksanakan biar pembangunan honai gak terkendala oleh cuaca maupun intimidasi petaka alam. Ketentuan yang lain yang penting dipatuhi merupakan peletakan pintu rumah. Tempatnya harus berbicara dengan arah matahari muncul atau terbenam. Arah itu dianggap bisa bikin penghuni honai lebih waspada apabila ada kebakaran atau gempuran lawan tiba.

4. Macam Rumah Kebiasaan Papua Yang lain
Kecuali honai serta ebe’ai, ada pula rumah kebiasaan papua yang lain yang harus kamu pahami. Beberapa dari yang lain merupakan wamai, karimari, serta rumsram. Amat kaya, ya?

Informasi lainnya dari “Atap Rumah Honai Berbentuk Kubah Atap Tersebut Terbuat dari Susunan” bisa anda temukan dengan Kunjungi Kami Disini

Tinggalkan Balasan